PENGUMUMAN NOMINASI 25TH ANUGERAH MUSIK INDONESIA

No Comments

 

PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT MELALUI MUSIK

 
Jakarta, 14 September 2022

Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) merupakan organisasi independen yang memberikan penghargaan tertinggi kepada insan musik kreatif Indonesia yang berprestasi. Yayasan Anugerah Musik Indonesia memiliki tujuan untuk mengakui prestasi yang luar biasa dari karya musik musisi terbaik Indonesia dalam rangka meningkatkan kreativitas, kapasitas dan kualitas para pelaku insan musik Indonesia dalam bentuk penghargaan Anugerah Musik Indonesia / AMI Awards. Sejak pertama kali didirikan pada tahun 1996 hingga sekarang, Yayasan Anugerah Musik Indonesia telah memberikan kontribusi nyata dalam memajukan industri musik Indonesia.

Anugerah Musik Indonesia / AMI Awards sebagai ajang penghargaan industri musik paling prestisius di Indonesia, tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-25 kalinya, artinya AMI Awards sudah mencatat sejarah perjalanan musik Indonesia dalam kurun waktu 25 tahun terakhir.

Antusiasme musisi dengan AMI Awards tahun ini sudah dimulai sejak dibukanya pendaftaran lagu secara online di tanggal 17 Mei 2022 yang lalu, terus berlanjut hingga ke akhir penutupan pendaftaran di 9 Juli 2022. Kami sangat mengapresiasi antusiasme dari para label, musisi dan artis yang memiliki daya kreatifitas tinggi dengan semangat merilis karya terbaru dan menyediakan waktunya untuk mendaftarkan karya terbaiknya tersebut ke Anugerah Musik Indonesia tahun ini.

Total sebanyak 4156 lagu yang terdaftar tahun ini , berupa Karya Produksi single ataupun album yang di rilis secara komersil dalam periode rilis 1 Juli 2021 – 30 Juni 2022 , menandakan bahwa dalam kondisi apapun semangat daya kreatifitas para musisi tetap membara demi berlangsungnya Industri Musik Indonesia selanjutnya. Sesuai dengan tema Anugerah Musik Indonesia tahun ini yang selaras dengan Presidensi G20 “Recover Together, Recover Stronger Through Music”.

Dari hasil Sidang kategorisasi AMI yang berlangsung di tanggal 18 – 29 Juli 2022 dilakukan secara offline dan online, menghasilkan jumlah kategori di AMI tahun ini adalah 57 Kategori dengan penambahan dan penyempurnaan beberapa kategori baru antara lain:

  • Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer Terbaik
  • Duo/Grup/Kolaborasi R&B Kontemporer Terbaik
  • Artis Solo Pria/Wanita Rap/Hiphop Terbaik
  • Duo/Grup/Kolaborasi Rap/Hiphop Terbaik
  • Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Metal Terbaik
  • Album Metal Terbaik

Pengumunan Nominasi 25th AMI Awards 2022 akan diselenggarakan pada tanggal 14 September 2022, pukul 14.00 – 17.00 WIB dan bisa disaksikan melalui live streaming di RCTI+ dan Youtube Channel RCTI – Entertainment. Acara ini akan dihadiri oleh para Ketua Umum AMI, Direktur RCTI, Artis pengisi acara : Soundwave, Daun Jatuh, Fabio Asher, Stevan Pasaribu dan Media.

“Musik Indonesia adalah anugerah dari Yang Maha Esa. Penghargaan yang diberikan kepada insan musik, atau AMI Awards, menurut observasi saya sudah memiliki brand tersendiri, dimana musisi yang menerima piala AMI selain merasa senang juga bangga serta terhormat mendapatkan anugerah tersebut, kita harus mempertahankan hal itu; termasuk mempertahankan independensi-nya, pemilihan yang berdasarkan kualitas, bukan semata-mata hanya popularitas saja tapi tetap kualitasnya juga harus dipertahankan supaya yang menerima piala AMI menjadi semakin bangga. Tidak lupa AMI mengucapkan terimakasih kepada mitra kami yakni RCTI atas dukungannya selama ini. Kedepannya ada 2 (dua) area yang masih bisa diangkat di AMI yaitu musik tradisional dan keberadaan maestro-maestro musik yang selama ini belum mendapat perhatian khusus di AMI, dengan membuat Program AMI Peduli yaitu memberikan perhatian kepada musisi senior yang telah banyak berjasa di industry musik Indonesia, juga membuat website khusus tentang Musik Tradisional Indonesia. Hal ini akan menjadi program khusus AMI selanjutnya, selain penyelenggaraan AMI yang sudah berlangsung secara rutin setiap tahunnya “. (Candra Darusman – Ketua Umum AMI)

Kehadiran AMI ini semoga bisa terus menjadi suntikan semangat kepada para musisi untuk tetap bisa terus berkarya, agar kita bisa pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat melalui musik.

Dukung terus musisi dan musik Indonesia!

Untuk informasi lebih lanjut
Shatria Dharma – General Manager Yayasan Anugerah Musik Indonesia.
Email: hello@ami-awards.com, amiawards1997@gmail.com

 
 
 

Potret Wajah Musik Indonesia dalam Buku Karya Mudya Mustamin, “25 Tahun AMI Awards”
Proses Pendaftaran Lagu Melalui Online 25th AMI AWARDS 2022 Sudah Dibuka

Related Posts

No results found.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed