Serah Terima Jabatan Ketua Umum Yayasan Anugerah Musik Indonesia

Jakarta, Januari 2022

Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) merupakan organisasi independen yang memberikan penghargaan tertinggi kepada insan musik kreatif Indonesia yang berprestasi. Yayasan Anugerah Musik Indonesia bertujuan untuk mengakui prestasi yang luar biasa dari karya musik musisi terbaik Indonesia dalam rangka meningkatkan kreativitas, kapasitas dan kualitas para pelaku insan musik Indonesia. Sejak pertama kali didirikan pada tahun 1996 hingga sekarang , Yayasan Anugerah Musik Indonesia telah memberikan kontribusi nyata dalam memajukan industri musik Indonesia.

Selama 24 tahun penyelenggaraan AMI Awards , sudah terjadi 4 (empat) kali pergantian jabatan Ketua Umum . Di tahun 1996 – 1999 Ketua Umum yang menjabat adalah Erwin Harahap yang kemudian digantikan oleh Dimas Wahab ( 1999 – 2003 ) , berlanjut ke kepemimpinan Titiek Puspa di Periode tahun 2003 – 2006, yang kemudian diserahterimakan ke Tantowi Yahya yang menjabat selama 2 periode di 2006 – 2016. Setelah itu Ketua Umum dijabat oleh Dwiki Dharmawan sejak 2016 hingga 2022 sekarang.

Di sepanjang penyelenggaraan AMI banyak terjadi pencapaian dan perubahan demi kemajuan AMI kedepannya. Di masa kepemimpinan Dwiki Dharmawan sebagai Ketua Umum, terjadi perubahan dalam Industri musik , mulai dari perubahan strategi market yang biasanya bentuk rilisan fisik mulai beralih ke digital.  Masuk ke ranah digital menambah semakin pesatnya industri musik independen, yang berdampak bertambahnya jumlah entry yang masuk.  Di AMI 2016 kita hanya menerima 600 entries dan terus berkembang hingga ke AMI 2021 tahun lalu , jumlah entry sudah mencapai 4.645 entries yang artinya selama 6 tahun tahun terakhir ada kenaikan entry yang masuk sebesar 674%.

Dari sisi proses pendaftaran entry hingga voting pun mengalami tranformasi, dari mulai proses manual sudah beralih ke 100% online sejak AMI 2019, bahkan di masa pandemi Sidang Kategorisasi pun dilakukan secara hybrid dan online juga. Untuk internal AMI juga berhasil menata perpajakan dan memperoleh hak paten atas brand dan logo AMI Awards.

Untuk periode selanjutnya , jabatan Ketua Umum Yayasan Anugerah Musik Indonesia akan dilanjutkan oleh Candra Darusman yang merupakan salah satu Pendiri Yayasan AMI, juga seorang musisi yang tergabung dalam kelompok jazz Chaseiro dan Karimata.

Serah terima jabatan Ketua Umum Yayasan Anugerah Musik Indonesia diselenggarakan pada tanggal 24 Januari 2022, jam 14.00 – 17.00 WIB di Artoz Bar , The Energy Building 2nd Floor SCBD Jakarta Selatan. Acara ini akan dihadiri oleh para Pendiri AMI, Perwakilan dari Perusahaan Rekaman dan Media , dengan penampilan khusus dari Raissa Anggiani dan Prinsa Mandagie.

“Setiap tahunnya AMI Awards terus konsisten memberikan penghargaan paling bergengsi bagi para insan musik Indonesia, semoga semangat yang konsisten ini bisa menjadi pemicu bagi para insan musik Indonesia untuk terus menghasilkan karya produksi yang terbaik . Terimakasih atas kepercayaannya selama 6 tahun terakhir, saya beruntung mengemban amanat sebagai Ketua Umum Yayasan AMI dan menjadi bagian penting dari perkembangan industri musik Indonesia“ demikian Dwiki Dharmawan menutup masa jabatannya.

Dukung terus musisi dan musik Indonesia!

Untuk informasi lebih lanjut
Shatria Dharma – General Manager Yayasan Anugerah Musik Indonesia.
Email: hello@ami-awards.com, amiawards1997@gmail.com

Proses Pendaftaran Lagu Melalui Online 25th AMI AWARDS 2022 Sudah Dibuka
Anugerah Musik Indonesia Kembali di Tahun Ke-24 dengan “Spirit of Creativity”

Related Posts

No results found.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed