Mengenal Tren Crowdfunding yang Sudah Berjalan di Dunia

 
Jakarta – Tahu nggak sih kenapa perkembangan teknologi di negara maju lebih pesat dibandingkan negara berkembang? Salah satu pengaruh terbesar adalah dukungan dana, baik dari pemerintah maupun swasta. Di Indonesia dukungan ini masih minim, sehingga banyak inovator lokal nggak memiliki kesempatan mewujudkan inovasinya. Salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan konsep crowdfunding.

Istilah satu ini terbilang awam di kalangan masyarakat Indonesia secara luas. Bahkan nggak jarang istilah crowdfunding itu disalah artikan atau salah kaprah. Sebenarnya crowdfunding itu merupakan proses mengumpulkan dana untuk memulai suatu project atau bisnis, di mana sumber dananya berasal dari sejumlah besar orang (crowd), pengumpulannya memiliki batas waktu tertentu, misalnya 30 – 90 hari, dan prosesnya dilakukan melalui online platform.

Di negara maju, crowdfunding udah jadi hal biasa dan udah banyak band atau musisi ternama melakukan pengumpulan dana dengan menjual hasil karyanya ataupun konser, seperti: The Kooks, Chvrches, Aerosmith, Ladytron, David Bowie,Suede, Bring Me The Horizon, dan lainnya, di mana mereka melakukan crowdfunding di salah satu platform bernama pledgemusic.com.

Pledgemusic.com ini merupakan salah satu platform crowdfunding berpengaruh buat musisi-musisi di Eropa dan Amerika. Platform ini udah sukses membantu mewujudkan deretan campaign musisi ternama. Misal aja Bring Me The Horizon yang pada 2016 lalu membuat sebuah pertunjukkan amal untuk anak-anak yang terkena penyakit kanker di Inggris dan digelar di The Royal Albert Hall yang sukses di-support 22 ribu orang.

Di sisi lain ada Chvrches juga yang membuat campaign album ketiga mereka berjudul Love is Dead, yang sampai saat ini belum selesai karena masih tersisa sedikit saja reward-nya. Selain itu ada David Bowie dan juga The Rolling Stone di mana masing-masing membuat beragam campaign mulai dari album, art, sampai merchandise khusus.

Lewat crowdfunding, nama-nama besar seperti di atas udah memastikan kalau konsep satu ini benar-benar membantu jalannya proses berkarya mereka.

Gimana cara kerja crowdfunding?

Mungkin masih banyak yang nggak tahu seperti apa cara kerja crowdfunding ini. Jadi begini, cara kerja konsep ini yaitu kreator (orang yang melakukan crowdfunding) dapat membuat sebuah campaign untuk menerima dana. Campaign berisi informasi detail tentang project apa yang akan dibuat, atau bisnis apa yang akan dilakukan.

Kreator juga menjelaskan berapa dana yang dibutuhkan dan jangka waktu atau kapan deadline crowdfunding selesai. Orang–orang yang tertarik dengan campaign tersebut dapat mendonasikan sejumlah dana melalui platform yang digunakan dan menerima Reward sesuai dengan jumlah yang disumbangkan melalui online platform tersebut.

Cara kerja crowdfunding juga bisa dibilang mirip dengan konsep Pre-Order. Pada awalnya kreator memberikan pilihan paket apa yang akan didapatkan oleh supporter (orang yang ikut crowdfunding untuk membantu kreator mewujudkan proyeknya) jika menyumbang dana dengan jumlah tertentu. Supporter kemudian memilih salah satu paket tersebut dan melakukan transfer dana sejumlah paket yang dipilih. Setelah dana terkumpul maka kreator akan memulai proses produksi dan mengirimkan barang pesanan supporter.

Kalau di beberapa negara maju udah ada Kickstarter, IndieGoGo, ataupun GoFundMe, di Indonesia ada Kolase.com. Platform ini adalah crowdfunding music platform pertama di Indonesia yang mendukung berbagai creative project di bidang musik dan memiliki beberapa kategori untuk membuat campaign, yaitu album, live event, konser, tur, video musik, amal, brand extension, dan buku.

Kenapa Harus Pilih Crowdfunding di Kolase.com?

Crowdfunding merupakan salah satu cara pendanaan dengan proses yang mudah. Kalau kamu punya ide yang mungkin dapat menarik perhatian orang banyak, maka lewat crowdfunding dana yang kamu butuhkan dapat terpenuhi dalam waktu 1 sampai 2 bulan.

Salah satu campaign yang sukses di Kolase.com yaitu Fourtwnty, di mana mereka berhasil mendapatkan Rp. 99.200.000 dalam waktu 40 hari. Selain itu ada Tulus yang berhasil mendapatkan Rp. 50.000.000 dalam waktu 4 hari, dan pentas seni sekolah dari SMA Al Azhar BSD yang berhasil mengumpulkan dukungan 1.000 tiket terjual di awal sebelum pensi mereka diselenggarakan.

Terkadang sebelum mengerjakan suatu project kita perlu menguji bagaimana respons orang lain terhadap project kita. Kamu dapat melakukan pengujian ini dengan cara membagikan ide kamu kepada orang–orang yang kamu kenal, ataupun masyarakat luas lewat media sosial. Agar lebih mudah, Kolase.com turut memfasilitasi hal ini dengan fitur polling dan memberikan hasil polling tersebut dengan data analisa yang valid, mulai dari umur, gender, wilayah, dan data lainnya.

Dari setiap campaign atau project yang berjalan, tentu satu sama lain berbeda. Ada yang menarik, sehingga tetap berjalan dengan jumlah dana yang fleksibel sesuai jumlah order, ada juga yang butuh dana minimum untuk mewujudkannya. Kolase.com pun menyedikan 2 jenis Funding, yaitu “Base Non Target” di mana dana tetap diserahkan ke kreator walaupun target tidak tercapai dan “Base On Target” di mana dana hanya diserahkan ke lreator jika target tercapai minimum 70% dari dana yang dibutuhkan.

Terlepas dari jenis Funding apapun yang dipilih, kreator wajib mengirimkan Reward yang dijanjikan setelah dana dikirimkan.

Kolase.com Siap Bantu Kamu Sepenuhnya

Online platform ini bukan cuma menyediakan fasilitas untuk mengumpulkan dana project. Kalau kamu bingung gimana cara menjalankannya, bingung gimana caranya agar orang-orang tahu campaign kamu, atau kamu ragu apakah kamu punya demand atau nggak dalam campaign yang kamu jalankan, Kolase.com siap bantu kamu sepenuhnya.

Kolase.com akan membantu kamu dalam sosialisasi, marketing, design campaign, dan konsultasi lengkap tentang crowdfunding untuk project yang kamu buat.

  • Buat kamu yang akan berinovasi dengan project di bidang musik, Kolase.com menyediakan crowdfunding music platform yang powerful dan mudah digunakan untuk pengembangan project yang kamu buat. Berbagai fitur dan layanan yang dapat kamu nikmati di platform ini yaitu:
    Kolase.com mempunyai kategori yang memudahkan kamu berinovasi di bidang musik. Di antaranya: album, live event, tur, konser, amal, musik video, buku, dan brand extension.
  • Sistem pembayaran yang mudah, baik menggunakan transfer/virtual account, kartu kredit, dan lainnya.
  • Dukungan pengiriman untuk reward yang akan dikirim ke seluruh Indonesia, di mana Kolase.com bekerjasama dengan jasa logistik yang terpercaya.
  • Sistem keamanan yang kuat.
  • Kolase.com bukan cuma sebagai fasilitator dukungan dana yang dikumpulkan dari “crowd”, bahkan Kolase.com tim akan mencarikan sponsor untuk campaign creator, dari fitur sponsor ini.
  • Polling menjadi sarana dua arah antara penikmat musik/market dan kreator agar project yang dijalankan lebih valid berdasarkan keinginan market. Fitur ini menyediakan analytic guna memperkuat ide project creator.
  • Ticketing system menggunakan QR Code, mempermudah bagi kreator yang menggunakan reward berupa tiket.

 
 
 

Sisipkan Unsur Tradisional dalam Single “Clouds”, North To East Tunjukkan Sisi Folknya
Teddy Adhitya Siapkan Pertunjukan Merayakan Satu Tahun Album “Nothing is Real”

Related Posts

Daftar Lengkap Nominasi 20th AMI AWards

Tidak ada komentar
  Jakarta, Anugerah Musik Indonesia – Malam puncak AMI Awards akan kembali digelar untuk yang ke-20 kalinya. Tahun ini, AMI Awards yang mengangkat tema #MusikTanpaBatas akan diselenggarakan pada 16 November mendatang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed